Cara Merawat Baterai Li-ion Pada Laptop/Notebook

Baterai Laptop
Baterai ion lithium umumnya dijumpai pada barang-barang elektronik konsumen. Baterai ini merupakan jenis baterai isi ulang yang paling populer untuk peralatan elektronik portabel, karena memiliki salah satu kepadatan energi terbaik, tanpa efek memori, dan mengalami kehilangan isi yang lambat saat tidak digunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga battery agar tetap terawat dengan baik

1. Jagalah suhu battery tetap rendah karena suhu yang tinggi dapat mengurangi battery health secara signifikan. Anda bisa menggunakan laptop/notebook di ruangan yang dingin ketika menjalankan aplikasi yang CPU intensive.

2. Gunakan battery Li-ion seminggu sekali apabila Anda selalu menggunakan AC power. Anda cukup menggunakan battery sampai sisa ~40% dan boleh colok kembali menggunakan AC power.

3. Lakukan kalibrasi setiap 2 bulan sekali untuk mengetahui kapasitas battery sebenarnya. Mengenai kalibrasi akan dijelaskan di bagian selanjutnya.

4. Simpan dalam kondisi sisa battery 50% untuk penyimpanan lama untuk mencegah penurunan battery health. Biasanya battery akan dicabut untuk penyimpanan lebih dari beberapa minggu.

(sumber: makemac.com)

0 Response to "Cara Merawat Baterai Li-ion Pada Laptop/Notebook"

Posting Komentar