7 Cara Tepat Merebus Pasta Agar Enak dan "Al Dente"

Pasta, Spaghetti, Fettucini, Makaroni, Ravioli, Canneloni
Pasta merupakan makanan kaya karbohidrat khas negara Italia. Jenis pasta itu sendiri terdiri dari spaghetti, fettucini, makaroni, ravioli, canneloni, dan lain-lain.

Seperti merebus mie, pasta harus direbus dan dimatangkan sebelum dicampurkan dengan racikan bumbu. Merebus pasta khas Italia memiliki tips dan trik tersendiri agar tingkat kematangannya sempurna. Tingkat kematangan ini membuat pasta terasa jauh lebih lezat saat dicampur dengan racikan bumbu pasta yang dipilih.

Pasta memang paling enak disantap dalam tingkat al dente, atau tidak terlalu matang, sehingga masih memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek. Namun, sulit untuk mengetahui apakah pasta tersebut sudah al dente atau belum.

Berikut beberapa tips memasak pasta yang sempurna:

Satu Macam Pasta Hanya Untuk Satu Rebusan

Rebuslah hanya satu macam pasta dalam satu panci rebusan. Karena jika pasta berbeda bentuk dimasak dalam satu panci secara bersamaan akan menjadikan tingkat kematangan yang berbeda. Tiap pasta memiliki waktu matang berbeda.

Ukur Kecukupan Air

Pastikan air yang direbus cukup banyak untuk merebus pasta. Pasta butuh banyak ruang untuk bergerak saat direbus. Pastikan air sudah dalam keadaan benar-benar mendidih pada saat anda memasukan pasta ke dalam air.

Perhatikan Kondisi Api

Pastikan api yang anda gunakan dalam keadaan sedang.

Tambahkan Sedikit Garam Jika Perlu

Agar pasta menjadi gurih tambahkan garam pada air rebusan. Cara ini akan menambah rasa gurih serta membantu saus terserap lebih baik saat pasta sudah matang.

Gunakan Garpu Untuk Memeriksa Kematangan

Untuk memeriksa tingkat kematangannya. Gunakan garpu untuk mengambil sedikit spaghetti yang tengah direbus, dalam air yang sedang mendidih lalu letakkan di atas piring dan iris dengan pisau, jika pada bagian tengahnya tampak sedikit garis kuning yang lebih gelap maka spaghetti tersebut telah matang.

Siram dengan Air Dingin

Saring pasta yang sudah matang dengan penyaring berbentuk mangkuk. Siram dengan air es/air dingin sesaat setelah spaghetti diangkat dari air rebusannya. Pasti spaghetti akan bertekstur bagus.

Tiris dan Aduk dengan Minyak

Tiriskan air tersebut kemudian aduk spageti dengan satu sendok minyak

0 Response to "7 Cara Tepat Merebus Pasta Agar Enak dan "Al Dente""

Posting Komentar