Cara Tepat Memilih Ikan Yang Segar

Memilih Ikan Segar

Ikan merupakan salah satu makanan sehat bagi tubuh dengan sumber protein dan kandungan gizi lainnya yang tinggi. Namun, jika anda salah memilih ikan, bukan kandungan protein dan gizi yang tinggi yang anda dapatkan melainkan senyawa-senyawa penyebab alergi akibat dari pembusukan ikan tersebut.

Memilih dan memilah ikan segar agak gampang-gampang susah. Butuh ketelitian dalam memilihnya, terutama jika anda berbelanja ikan yang sudah melalui proses pendinginan/pengawetan.

Berikut ini adalah tips cara memilih ikan segar yang tepat:

1. Tekan Badan Ikan

Cara pertama yang paling gampang adalah dengan menekan badan/tubuh ikan dengan jari kita. Ketika kita tekan dengan jari dan tidak ada bekas jari kita, artinya ikan itu memiliki daging yang bagus, elastis dan merupakan ikan segar. Sebaliknya, kalau kita tekan badan ikan dan terasa lunak dan ada bekas jari, ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

2. Periksa Mata Ikan

Mata pada ikan segar akan berwarna cemerlang, biji mata yang hitam, bening, dan cembung. Sedangkan pada ikan yang tidak segar, mata akan berwarna agak putih karena tertutup lendir dengan permukaan mata yang cekung (tenggelam).

3. Warna Merah Pada Insang

Pada bagian kepala ikan, buka sedikit untuk melihat insang-nya. Untuk ikan segar, insang akan berwarna merah hingga merah tua. Sedangkan ikan yang busuk/tidak segar, insang akan berwarna pucat, kotor dan sedikit berbau busuk (bukan amis).

4. Sisik Tidak Mudah Mengelupas

Pada ikan segar, sisik akan melekat kuat dan berwarna cemerlang dengan permukaan sedikit berlendir namun jernih. Sedangkan ikan yang tidak segar, sisik ikan akan mudah mengelupas dan lendir pekat yang lengket.

5. Daging Cerah dan Elastis

Cobalah sayat tubuh ikan sedikit untuk mengetahui bentuk daging di dalamnya. Kalau berwarna cerah, dan elastis, itu artinya ikan yang anda pegang termasuk ikan segar. Sebaliknya, kalau daging lunak dan tekstur berubah, mendingan anda tidak memilih ikan itu.

1 Response to "Cara Tepat Memilih Ikan Yang Segar"

  1. Untuk restoran yang menyajikan menu makanan cepat saji, sebaiknya Anda menggunakan Kemasan Makanan untuk mempraktisi penyajian menu makanan Anda.

    BalasHapus