8 Tips Cerdas dan Jitu Untuk Hemat Belanja Bulanan

Keranjang Belanja Bulanan


Di saat berbelanja bulanan (terutama untuk keperluan rumah dan dapur) kadangkala membuat kita pusing kepala. Bagaimana tidak, ketika sudah sampai di kasir untuk membayarnya kita melihat nilai nominal belanja kita yang bikin sesak dada. Bahkan, banyak juga orang-orang yang terpaksa mengembalikan barang yang ingin dia beli di meja kasir karena over budget.

Bagaimana cara mengatasi agar belanja bulanan kita tetap hemat, terkontrol dan kebutuhan rumah tangga kita tercukupi? Silakan simak tips-tipsnya dibawah ini:

1. Periksa stok barang yang ada

Sebelum berangkat berbelanja ke supermarket langganan anda, coba cek terlebih dahulu stok barang yang ada di rumah kita. Pikirkan mana barang yang penting banget kita beli dan mana yang tidak.

2. Buat daftar belanjaan secara detail

Setelah itu, catat seluruh kebutuhan diatas ke dalam daftar belanjaan di secarik kertas atau memo di gadget anda. Tidak ada salahnya juga kalau anda menuliskan total atau seberapa banyak barang tersebut ingin anda beli.

3. Lakukan belanja bulanan sekaligus

Ukur dan ketahui kebutuhan barang-barang anda selama 1 bulan penuh. Setelah itu, anda disarankan untuk berbelanja hanya satu kali sebulan. Hal ini diperuntukkan agar anda mengetahui prediksi cash flow keuangan anda selama sebulan.

4. Cari barang "termurah" di masing-masing supermarket

Ada baiknya anda selalu memonitor di supermarket mana barang tersebut yang harganya lebih murah. Hal ini akan membantu anda mengurangi biaya belanja bulanan yang dikeluarkan.

5. Jangan berbelanja di satu supermarket

Kadangkal kita malas untuk pindah-pindah supermarket. Alhasil, kita juga tidak bisa memonitor mana barang yang sebenarnya murah di supermarket itu, dan mana barang yang mahal. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak berbelanja hanya di satu super market saja.

Lakukan point 4 diatas untuk mencari barang termurah, setelah itu pisahkan dalam list belanjaan anda dan belilah barang yang murah di masing-masing supermarket itu.

6. Manfaatkan Penawaran Diskon

Selalu ada katalog diskon atau informasi serupa dalam berbagai media. Jika memang Anda memerlukannya, tidaka da salahnya untuk menstok lebih barang-barang tersebut saat lagi promo. Diskon memang sahabat ibu-ibu.

7.  Gunakan Kartu supermarket

Supermarket biasanya menawarkan kartu tertentu untuk memberikan diskon bagi Anda ketika belanja. Meskipun awalnya harus membayar mahal, namun ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kartu supermarket tersebut.

8. Berbelanja bukan di waktu favorit

Tanggal muda, misalnya, kita merasa punya uang, lalu memborong semua barang. Atau, saat weekend kita jadi tidak fokus karena supermarket penuh. Waktu belanja terbaik adalah malam hari atau jam makan siang. Pada jam itu biasanya supermarket sepi.

1 Response to "8 Tips Cerdas dan Jitu Untuk Hemat Belanja Bulanan"

  1. Hindari makan-makanan instan di supermarket. Meskipun makanan tersebut instan, namun tidak memiliki banyak nutrisi.

    Jika Anda ingin makan diluar pun harus berhati-hati sebab banyak yang menjual Dus Makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti styrofoam, plastik, dll.

    BalasHapus